Alat Pemadam Kebakaran

KLASIFIKASI KEBAKARAN

Sebelum kita membeli sebuah tabung pemadam kebakaran hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu klasifikasi kebakaran agar tidak salah dalam memilih alat pemadam kebakaran yang cocok digunakan. Kebakaran dikelompokkan berdasarkan sumber penyebab api yang muncul dalam terjadinya kebakaran. Klasifikasi  kebakaran secara umum merujuk pada klasifikasiInternasional yaitu klasifikasi kelas kebakaran menurut NFPA (National Fire Protection Association) Amerika.

Sumber terakhir sampai dengan artikel ini disusun, NFPA membagi klasifikasi (kelas) kebakaran menjadi 6 (enam) kelas yaitu : Kebakaran Kelas A, Kebakaran Kelas B, Kebakaran Kelas C, Kebakaran Kelas D, Kebakaran Kelas E dan Kebakaran Kelas K.

Klasifikasi kelas kebakaran berguna untuk menentukan media alat pemadam kebakaran yang efektif untuk memadamkan api menurut sumber kebakaran tersebut, berguna juga untuk menentukan tingkat keamanan jenis suatu media pemadam sebagai media pemadam suatu kelas kebakaran berdasarkan sumber kebakarannya.

Tetapi di Indonesia sendiri hanya menjual tabung pemadam api untuk kelas kebakaran A, B dan C saja. nah berikut ini adalah Alat pemadam kebakaran yang cocok untuk kelas kebakaran yang ada di Indonesia.

Klasifikasi Kebakaran dan Alat Pemadam Kebakaran Yang Cocok

Kelas kebakaran

PRODUKSI TABUNG PEMADAM API SONICK